Skip to content

Warga Blora Ikut Jaga Fosil

April 19, 2010

JAWA POS – Banyaknya artefak benda purbakala berupa fosil atau benda bersejarah lainnya yang hilang di wilayah Kecamatan Kradenan membuat Pemkab Blora prihatin.

Sebab, sejumlah fosil ditengarai keluar dari Blora melalui perdagangan gelap. Kolektor banyak datang ke kecamatan Kradenan karena di tempat itu banyak ditemukan benda-benda purbakala. Karena itu, pemkab meminta warga agar bisa menjaga dan mengamankan lokasi penemuan situs atau artefak lainnya. “Karena itu merupakan salah satu potensi kekayaan bagi masyarakat Blora,” ujar Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DKPPO) Blora, Suntoyo.

Menurutnya, masyarakat jangan sampai berbondong-bondong untuk mengadakan penggalian karena banyaknya fosil yang ditemukan di lahan-lahan sekitar sawah atau rumah mereka, Sebab, itu akan merusak lokasi dan situs yang ada. Dia berharap bila warga menemukan sebaiknya jangan mengambil, namun dilaporkan kepada aparat setempat. ”Ada indikasi warga tergiur untuk menggali karena ada yang akan membeli,” tambahnya.

Terkait maraknya pencurian artefak atau fosil-fosil itu, kata dia, pelaku dan pembeli bisa dijerat hukum sesuai dengan UU No 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya. Ancamannya pidana penjara selama 10 tahun dan denda paling tinggi Rp 100 juta.

Berdasarkan UU itu, tandasnya, apabila masyarakat ada yang melanggar akan ditindak dan diproses secara hukum. Termasuk bila melakukan pencarian terhadap benda cagar budaya tanpa izin. ”Jika itu dilakukan, bisa dipenjara lima tahun dan denda paling tinggi Rp 50 juta. Karena itu kami terus sosialisasikan UU itu agar warga mengerti,” tegasnya

Source:http://ilusa.wordpress.com/2009/05/27/minta-warga-ikut-menjaga-fosil/#more-327

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: